Thursday 11 August 2016

"Multimedia Authoring"

Authoring  merupakan  aplikasi  komputer  yang  memberikan  peluang  kepada  pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat  lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

1.      authoring berbasis halaman

Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi  elemen-elemen  dalam  halaman  atau  buku  tersebut. Contoh  dari  aplikasi  ini  adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
      
a.      hypercard

HyperCard adalah sebuah program aplikasi yang dibuat oleh Bill Atkinson untuk Apple Computer, Inc yang merupakan salah satu sistem hypermedia pertama yang berhasil sebelum World Wide Web. Ini menggabungkan kemampuan database dengan antarmuka, grafis yang fleksibel, pengguna-dimodifikasi. HyperCard juga fitur HyperTalk, yang ditulis oleh Dan Winkler, sebuah bahasa pemrograman untuk memanipulasi data dan user interface. Beberapa pengguna HyperCard dipekerjakan sebagai sistem pemrograman untuk Rapid Application Development aplikasi dan database.

            HyperCard awalnya dirilis pada tahun 1987 untuk $ 49,95, dan disertakan dengan semua Mac baru yang dijual pada saat itu. Ia ditarik dari penjualan bulan Maret 2004, meskipun pada saat itu belum diperbarui selama bertahun-tahun.
  •  Aplikasi
HyperCard telah digunakan untuk segala macam hypertext dan tujuan artistik. Sebelum adanya PowerPoint, HyperCard sering digunakan sebagai program presentasi untuk keperluan umum. Contoh aplikasi HyperCard termasuk database yang sederhana, "memilih petualangan sendiri" permainan-jenis, alat peraga pendidikan, dan wiki pertama.

Karena fasilitas yang cepat aplikasi desain, HyperCard juga kadang-kadang digunakan untuk prototipe aplikasi dan kadang-kadang bahkan untuk versi 1.0 implementasi. Di dalam Apple, tim QuickTime adalah salah satu pelanggan HyperCard terbesar.

Sejumlah produk perangkat lunak komersial dibuat dalam HyperCard, terutama versi asli cerita permainan interaktif Myst, Expanded Perusahaan Voyager Buku, dan multimedia CD-ROM dari Beethoven ROM Symphony Kesembilan CD-, A Hard Day's The Beatles Night, dan Macbeth Voyager.

Prototipe dan demo dari permainan populer You Don't Know Jack ditulis dalam HyperCard Renault, produsen mobil Perancis, yang digunakan untuk mengontrol sistem persediaan mereka.

Activision, yang sampai saat itu terutama perusahaan permainan, melihat HyperCard sebagai titik masuk ke pasar bisnis. Mengubah nama menjadi Mediagenic, mereka menerbitkan beberapa aplikasi utama HyperCard berbasis, terutama Danny Goodman Focal Point, seorang manajer informasi pribadi, dan Laporan Untuk HyperCard, sebuah program oleh Sembilan Untuk Lima Software yang memungkinkan pengguna untuk memperlakukan HyperCard sebagai database penuh sistem dengan informasi kuat melihat dan mencetak fitur.

The SuperCard HyperCard-terinspirasi untuk sementara termasuk "Roadster" plug-in yang tumpukan boleh ditempatkan di dalam halaman Web dan dilihat oleh browser dengan browser yang sesuai plug-in. Bahkan ada versi Windows plug-in ini memungkinkan komputer selain Macintoshes menggunakan plug-in.
  • Sejarah
HyperCard diciptakan oleh Bill Atkinson. Bekerja untuk itu dimulai pada bulan Maret 1985 di bawah nama wildcard (maka kode pencipta 'LIAR'). Pada tahun 1986 Dan Winkler mulai bekerja pada HyperTalk dan namanya berubah menjadi HyperCard untuk alasan merek dagang. Pada awalnya dirilis pada bulan Agustus 1987, dengan pengertian bahwa Atkinson akan memberikan HyperCard ke Apple hanya jika mereka berjanji untuk merilisnya secara gratis di semua Mac. Apple waktunya rilis bertepatan dengan Konferensi MacWorld & Expo di Boston, Massachusetts untuk menjamin publisitas maksimum. HyperCard adalah sukses besar hampir seketika. Banyak orang yang mengira mereka tidak akan pernah bisa program komputer mulai menggunakan HyperCard untuk segala macam tugas otomatisasi dan prototyping, kejutan bahkan penciptanya.

Apple sendiri tampaknya tidak pernah mengerti apa target pasar HyperCard untuk pengguna seharusnya. Para manajer proyek menemukan telah digunakan oleh sejumlah besar orang, internal maupun eksternal. Bug laporan dan saran upgrade terus mengalir di, menunjukkan itu memiliki berbagai pengguna. Karena itu juga bebas, sulit untuk membenarkan mendedikasikan sumber daya teknik untuk perbaikan dalam perangkat lunak. Itu tidak hilang pada Apple atau pengembang utama nya bahwa kekuatan HyperCard berikan kepada orang-orang bisa dipotong menjadi penjualan produk biasa dibungkus menyusut

b.      ToolBook Assistant.

ToolBook telah menjadi nama yang dikenali dalam e-learning authoring sejak aplikasi pertama kali muncul pada tahun 1990. Selama 20 tahun terakhir, kami secara konsisten melakukan pembaruan dan perluasan sesuai dengan evolusi lingkungan komputasi dan tuntutan perubahan aplikasi e-learning. Fokus pada adaptasi telah terbukti bermanfaat, sebagai ToolBook terus menjadi standar industri untuk e-Learning.



2.      authoring berbasis icon

Authoring  berbasis  icon  menggunakan  konsep  flowchart  untuk  membuat  aliran  elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram  alir  aktivitas  sepanjang  jalur  percabangan,  contohnya  adalah  Microsoft  Power  Point  dan Macromedia Authorware.

a.      Microsoft PowerPoint


Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

  • cara mencari file PowerPoint
www.Orifile.com adalah search engine yang dikombinasi dengan google, dimana di orifile.com kita bisa mendownload file tertentu secara gratis untuk format document, power point, pdf, dan excel. Hasil pencarian menggunakan orifile.com berupa file yang bisa didownload. Dan hasilnya langsung berformat doc, ppt, pdf, dan xls. Terdapat fitur tambahan yaitu fast login dimana kita bisa mengakses website facebook, youtube, twitter dengan 1 langkah klik.

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

  • Kompatibilitas
Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.

b.      Macromedia Authorware

Macromedia Authorware (sekarang bagian dari Adobe Systems) adalah seorang flowchart diinterpretasikan, berbasis bahasa pemrograman grafis. Authorware digunakan untuk membuat program interaktif yang dapat mengintegrasikan berbagai konten multimedia, khususnya aplikasi e-learning. Model flowchart membedakan Authorware dari authoring tools lain, seperti Flash dan Direktur, yang mengandalkan visual panggung, waktu-line dan struktur script.
  • Sejarah
Authorware pada awalnya diproduksi oleh Authorware Inc, didirikan pada tahun 1987 oleh Dr Michael Allen. Allen telah memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem instruksi PLATO komputer dibantu selama tahun 1970-an yang dikembangkan bersama oleh University of Illinois dan Control Data Corporation. CDC, di mana Allen Direktur Advanced Sistem Pembelajaran R & D, berinvestasi dalam pengembangan sebuah perpustakaan yang luas interaktif "courseware" untuk menjalankan pada sistem PLATO.

PLATO Courseware dikembangkan dalam tutor bahasa pemrograman unik yang disebut, yang menyediakan struktur yang unik untuk interaksi pembelajaran, seperti jawaban menghakimi dan bercabang. programmer tutor mampu membangun sistem scripted kuat yang mencakup simulasi dan permainan. Namun, meskipun niat untuk membuat sebuah bahasa pemrograman tujuan khusus digunakan oleh pendidik, dan dekade pekerjaan yang masuk ke dalamnya, bahasa guru itu tidak mudah untuk belajar.

Authorware dimulai sebagai sistem yang bertujuan mengatasi masalah di Tutor. Kursus Awalnya berjudul Aksi (CoA), itu adalah sebuah program Macintosh-saja, tapi diproduksi program runtime untuk kedua Mac dan DOS. Authorware datang kemudian dan menghasilkan versi runtime DOS sampai rilis versi Windows pertama Microsoft.

Authorware menggunakan antarmuka visual dengan ikon, yang merupakan komponen penting dari pengalaman belajar interaktif. "Penulis" ditempatkan ikon sepanjang "flowline" untuk membuat sebuah urutan peristiwa. Ikon diwakili komponen seperti sesuatu Display-memakai layar, Pertanyaan-meminta pelajar untuk sebuah respon, 'Calc-melakukan perhitungan, data dibaca, dan / atau menyimpan data, dan sesuatu Animate-bergerak pada layar. Dengan hanya menempatkan ikon secara berurutan dan menyesuaikan properti mereka, penulis langsung bisa melihat struktur program mereka menciptakan dan yang paling penting, jalankan untuk melihat apa yang peserta didik akan melihat. Pada layar perubahan yang mudah untuk membuat, bahkan ketika program ini berjalan.

  • digunakan dalam E-Learning
Authorware sangat cocok untuk menciptakan e-learning konten, seperti yang termasuk sangat disesuaikan template untuk CBT dan WBT, termasuk alat penilaian siswa. Bekerja dengan template ini, bisnis dan sekolah dapat dengan cepat mengumpulkan materi pelatihan multimedia tanpa perlu menyewa seorang programmer penuh. Kotak dialog intuitif-bernama mengurus input dan output. Model Diagram alir membuat penggunaan kembali unsur-unsur pelajaran yang sangat mudah. Menjadi baik-AICC dan SCORM-compliant, Authorware dapat digunakan untuk menyampaikan konten melalui setiap AICC atau SCORM Learning Management System.

Bergerak di luar template, bagaimanapun, membutuhkan baik mengimpor Flash interaktif atau film Direktur, atau scripting, yang dapat dilakukan dalam bahasa asli Authorware's scripting atau dalam JavaScript.

  • Penggunaan & fitur
Gaya khas Authorware's berkisar sekitar ikon pusat: Icon Interaksi. Struktur lingkungan authoring mendorong interaksi yang kaya, pengguna kompleks umpan balik tidak hanya mungkin tetapi agak disarankan oleh perangkat lunak, bukan menunjukkan difusi media biasa. Interaksi Icon ini memungkinkan berbagai bentuk umpan balik pengguna (memindahkan objek ke, sepanjang garis, klik suatu obyek atau hot-spot; plus-entri teks biasa, tombol ditekan, dll)

Kekuatan asli dalam pendidikan Authorware dapat dikaitkan ke akar-akarnya dalam model pedagogis berdasarkan pandangan konstruktivis.

Program Authorware mulai dengan menciptakan flowline, yang merupakan flowchart menunjukkan struktur dari program pengembang. Pengembang dapat menambahkan dan mengatur teks, grafik, animasi, suara dan video; mengembangkan interaktivitas dan menambahkan elemen navigasi seperti link, tombol, dan menu. Macromedia Flash dan Macromedia Director film juga dapat diintegrasikan ke dalam proyek Authorware. Xtras, atau add-in, juga dapat digunakan untuk memperluas fungsi Authorware, yang mirip dengan XCMDs HyperCard's. Daya Authorware bisa menjadi lebih baik digunakan dengan penggunaan variabel, fungsi dan ekspresi. Authorware bisa menafsirkan baik built-in bahasa scripting milik dan JavaScript versi 1.5.

3.      authoring berbasis waktu.

Authoring  berbasis  waktu  merupakan  pengembangan  paket  multimedia  sebagai  pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.


a.      macromadia director


Direktur Adobe (dahulu Macromedia Director) adalah sebuah aplikasi multimedia authoring platform yang diciptakan oleh Macromedia-sekarang bagian dari Adobe Systems.Hal ini memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi yang dibangun pada metafora film, dengan user sebagai "sutradara" film. Awalnya dirancang untuk membuat urutan animasi, penambahan bahasa scripting yang kuat bernama Lingo membuat pilihan populer untuk membuat CD-ROM dan kios mandiri dan konten web dengan menggunakan Adobe Shockwave. Direktur adobe mendukung kedua 2D dan 3D proyek multimedia.
  • Direktur Dibandingkan dengan Flash
Perbedaan antara kedua produk telah menjadi subjek banyak diskusi, khususnya dalam pengembangan masyarakat Direktur. Diperpanjang adalah salah satu perbedaan utama antara keduanya, seperti juga beberapa dari berbagai macam codec yang dapat diimpor. Direktur cenderung menjadi lebih besar dari dua, namun jejak yang telah menjadi bagian dari kelemahannya. Hal ini terwujud kelemahan ke mana-mana erosi Direktur sebagai pemimpin alat authoring, khususnya di jendela kritis 1998 - 2000. Jejak download dari Direktur Shockwave plugin secara signifikan lebih besar dari jejak Flash Shockwave download. Selain itu, Macromedia bermitra dengan distributor seperti Dell, Apple, dll untuk memiliki plugin Flash pra-instal pada mesin bagi pengguna, sehingga mereka tidak akan diminta untuk menginstal software tambahan. Pada titik waktu (1998-2000), akses internet broadband bukan norma untuk sebagian besar pengguna, dan perbedaan lima kali lipat dalam ukuran adalah bencana.
  • Sejarah
Direktur dimulai sebagai Macromind "VideoWorks", sebuah aplikasi untuk Macintosh Apple asli. Animasi pada awalnya terbatas pada hitam dan putih layar Macintosh awal.

Nama itu diubah menjadi "Direktur" pada tahun 1987, dengan penambahan kemampuan baru dan bahasa scripting Lingo pada tahun 1988. Sebuah versi Windows yang tersedia pada awal 1990.

Dari tahun 1995 sampai 1997, bersaing multimedia authoring program muncul disebut mTropolis (dari mFactory). Pada tahun 1997 mTropolis dibeli dan dikubur oleh Quark, yang memiliki rencana sendiri ke multimedia authoring dengan Quark Immedia.
Comments
0 Comments

0 comments:

Powered by Blogger.